Diary Nihon (1)


Assalamualaikum..

Selamat amat pagi semua.... Niimi dingin luar biasa... tapi.. Nihon jin gak akan pernah membiarkan orang yang hidup di Nihon kedinginan,,, jadi selamat deh saya.. hehehe..

Well, ini adalah weekend pertama saya di Jepang. Negara yang sudah lama saya impikan untuk saya tinggali. Entah kenapa dulu saya ingin sekali pergi ke tempat ini. Kalau dulu sih...karena pemandangannya emang bagus.. terus bergeser ke budaya yang saya suka.. terus bergeser lagi pada dedikasi mereka pada pekerjaan.. dan sekarang.. saya melihat nilai2 luhur banyak diterapkan disini.

Dari pertama sampai di Bandara, saya sudah terkesan dengan pelayanan petugas bandara  yang menyambut saya dengan sangat baik. Semua petugas tersenyum dan berusaha membantu saya 100%. Meskipun saya orang Indonesia...

Belum selesai kekaguman saya di Airport, saya sudah dikejutkan lagi dengan pelayanan umum yang totalitas. Semuanya dilayani dengan baik.

Teman2 saya pun luar biasa. Apa yang saya butuhkan, mereka berusaha menyiapkannya sebaik2nya. Subhanallah... Rasanya malu sekali saya sebagai seorang muslim masih jarang menerapkan nilai2 Islam, tapi mereka yang notabene tidak "beragama" malah baiknya luar biasa.

Tapi, emang Indonesia tetep keren.. heheheh...

sekarang sekian dulu lah.. Insya Allah tiap minggu akan saya update kegiatan saya selama disini.. kali aja bisa jadi buku kayak NOTES FROM QATAR.. hihihihii...

Ga Lengkap? Yakin??


Assalamualaikum..

Hai guys.. Wuihh.. lama beud ya ga ngeblog.. Blog gue jelek?? bodo amat.. yang penting hepi. :D

Kebetulan..hari ini tiba2 keinget tentang tulisan2 yang pernah aku muat di social media yang aku punya. Tiba-tiba tertarik juga buat ngulas lagi tulisa yang pernah aku posting di facebook. Jaman aku masih galau.. Kira-kira bunyinya kayak gini..

"I think I already had a box of chocolate with full loaded and each chocolate in its place. But now, I felt lost one of them. Feel incomplete"

After I already got my missing chocolate, still...something feel incomplete.. Guys... box of chocolate has its natural gift. It melts.. When you waiting to fulfill one part, another part start to melt. When your missing space already filled, another chocolate gone..


Jadi,,intinya.. aku kok jadi mikir ya. Lengkap ga lengkap coklatnya.. itu tergantung kita menyikapi coklat-coklat itu. Kita mau menikmati tiap coklat yang ada dan tetap berusaha mengisinya lagi dengan coklat-coklat yang lebih sedap.. atau malah menyimpannya baik-baik..berusaha memenuhi yang kosong dan kehilangan yang lain tanpa tau nikmatnya. :)

Dari semua pelajaran hidup yang gue dapet, aku sadar.. Coklat itu diciptakan Tuhan untuk dinikmati. Sama kayak hidup. Dalam menjalani hidup, kita juga harus nikmatin rasanya. Berjuang untuk mendapatkan apa yang kita pengen kayak usaha kita memenuhi space kosong di box coklat itu. Tapi saat kita lelah dan hampir putus asa, kita bisa menikmati yang kita punya dengan bersyukur. Sama saat kita menikmati coklat yang ada dan bersyukur kita masih punya macam-macam coklat yang bisa dinikmati.

Sometimes I felt that I should be a rich woman and go to many countries to make myself and my parents proud of me. But,, don't you realize that sometimes the greatest thing of our lives,,lies just next to us..


SO... BE THANKFUL OF WHAT YOU GOT. INCOMPLETE? THINK ABOUT IT AGAIN.. YOU BETTER SEE AROUND BEFORE YOU SAID THAT YOUR LIFE IS INCOMPLETE.. SO MANY UNFORTUNATE PEOPLE OUT THERE THAT SO FAR FROM WORD COMPLETE AND THEY DON'T EVEN DARE TO IMAGINE THAT WORD.. BUT..THEY'RE GOING THROUGH THEIR LIFE JUST LIKE THEY HAD EVERYTHING.. :)

Temanku


Pas pagi-pagi buka facebook... pengen nangis rasanya liat fb temen yang udah lama gak ada.. Keinget masa-masa dy curhat, masa-masa dy bercanda. Anak yang sangat ceria, but.. he used to ignored by my other friends.. DIcuekin ma ceweknya.. Tapi.. dia beruntung..menjelang akhir hayatnya ada cewek yang sayang sama dy. Helmy.. My High School's friend.. Ga pernah ilang dari ingatanku.. Selalu tabah dengan penyakitnya..

Terkadang ada rasa kesal di hati. Kenapa orang yang begitu baik, harus meninggal secepat itu. Tapi, mungkin itu yang terbaik. Coba tiap hari Tuhan umumin siapa yang bakal meninggal, mungkin semuanya bakal masuk Surga. Bukan berarti juga Tuhan pengen semua masuk neraka. Tapi, paling tidak dengan begitu kita semua bisa prepare dan sadar diri.

Terkadang, pikiran ngelantur tuh keluar juga. Kadang mikir,, gimana klo aku meninggal dalam waktu dekat ini? Seperti apa aku akan dikenang? Bagaimana keluargaku bisa menerima? Apa aku bisa bertahan 'disana'? memang tidak ada yang tahu umur seseorang, maka dari itu musti siap2..

Banyak yg bilang suka sama saya.. tapi yang benci?? Wuiih... saya yakin gak kalah banyaknya.. Tapi, semoga semuanya bisa baik dan berakhir baik...

Buat Helmy.. I remember you as a very strong guy.. You never whining and complaining about your life. Happy living in a new world pal. Send my Regard to our beloved GOD. Allah S.W.T

Pengalaman GIla


Bukan karena saya pernah Gila, jadi saya kasih judul gitu di curhatan kali ini. Tapi semata karena saya mengalami pengalaman yang benar2 ajaib dalam beberapa hari saja.

kalo misalnya selama beberapa ini saya bawa meteran, mungkin udah ribuan kilometer saya lalui hanya dalam beberapa hari. Eittss..ini arti yang sebenarnya lho.. bukan kiasan. Hal-hal yang melelahkan secara fisik dan psikis sudah saya alami. Tapi meskipun melelahkan, saya juga menemukan hal-hal yang tidak kalah menyenangkan. Banyak teman baru juga yang saya temui. Berbagai cerita bisa terangkum hanya dalam beberapa hari. Mungkin kalo bisa dinovelkan, tiap orang bisa punya novelnya sendiri. Dan mereka memang punya. Mereka membagikannya dengan gratis kepada saya. Gak perlu repot2 dateng ke acara Kick Andy buat dapetin buku gratis. hehehe.. bahkan mungkin kalo buku kick andy bisa habis dimakan rayap, buku dari temen2 baru saya ini terekam abadi di pikiran saya.

temen2 saya semuanya lebih tua dari saya. ada yang sudah berkeluarga, ada yg lebih tua dikit dari saya, bahkan ada juga yang bos BMW.

saat saya sedang ingin menyerah dan lelah, tiba-tiba ada...saja orang2 yang dikirimkan Allah untuk menyadarkan saya. akhirnya ada yang bilang "hidup tuh emang kayak gini. Banyak tantangannya. Kamu dah hebat, masih muda, cewek, berjilbab, bisa ngalamin perjalanan jauh dan pengalaman2 berharga kayak gini sendiri. Ini les gratis namanya."

saat saya agak mulai ambisius, Allah mengirimkan jenis orang yang lain untuk menyadarkan saya. Mereka pun bilang "hidup penuh ambisi itu harus, tapi harus ingat.. hidup gak hanya untuk harta. Kebahagiaan batiniah juga sangat penting dan dibutuhkan."

semua orang seperti gak kapok untuk memberikan nasehat kepada saya. saya sangat senang, karena begitu banyak yang saya dapatkan daripada yang saya berikan. satu hal lagi yang saya dapatkan adalah..

JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK MENCOBA. APAPUN RESIKONYA. ENTAH ITU BAIK ATAU BURUK. KARENA DENGAN TIDAK MENCOBA, KITA TIDAK AKAN PERNAH TAU. DAN DENGAN TIDAK PERNAH TAU, KEMUNGKINAN 90% KITA AKAN MENYESAL KARENA KENAPA DULU KITA TIDAK MENCOBA. JIKA HASIL DARI PERCOBAAN ITU BAIK, BERARTI JALAN KITA BENAR. JIKA HASIL PERCOBAAN ITU BURUK, BUKAN BERARTI KITA SALAH. TAPI KITA SEDANG MENCOBA MENCARI JAWABAN. TUHAN TAU USAHA KITA. TIDAK AKAN LUPUT DARI PENCATATANNYA..

Senang berbagi cerita dengan Anda.. :)


Eeeiitts... tapi percobaan2 itu, tidak berlaku buat narkoba loh ya. Hehehe..narkoba mah, gak usah dicoba jg dah ketauan buruknya. :p

Bergunjing...


"Mereka itu sukses, karena orang tua mereka tidak suka bergunjing"

ini yang ayah saya katakan saat beliau menceritakan tentang anak temannya yg sukses melanglang buana ke luar negeri. Ayah saya bilang,"orang tuanya tuh temen deket ayah. Kalo lagi kumpul sama temen2 dan ada salah satu orang yang ngomongin orang lain, orang tuanya pasti menghindar"

Hihihi..itulah ayah saya. Paling ga suka bergunjing atau ngomongin orang. Ayah saya kasih saya banyak sekali contoh. Orang yang suka bergunjing dan membicarakan keburukan orang lain, pasti efeknya tidak baik. Lalu saya bilang "berarti Ayah suka bergunjing donk? kan aku belum sukses" hahaha.. ayah ketawa aja..

tapi emang siyh..kata ibu.. saat kita nunjuk ke orang lain, satu jari tuh mengarah ke orang lain, tapi 4 jari lainnya mengarah ke diri kita sendiri. Itulah kenapa keluarga saya sangat pantang ngomongin orang.

Ada juga tetangga terdekat saya yang hobinya menggunjingkan tetangganya sendiri. Saya yakin, saya pun pernah digunjingkan. Because I'm so disgraceful.. hahaha.. (anak cewek paling berisik di gang). kenyataannya dia malah sering kecelakaan. dan yang lebih parahnya lagi dia pernah mengalami kecelakaan sampai mengakibatkan bibirnya luka parah. Tetangga2 saya bukannya khawatir, eh malah bilang "Rasain tuh, makanya jangan hobi gosipin orang mulu! tau rasa kan?"

Hah?? gila tuh emak2..mungkin karena mereka udah jengkel kali ya.. Tapi kejadian luka di mulut itu tidak membuat tetangga saya itu kapok, namun makin menjadi2..

Berhubung saya takut bibir saya makin jontor kayak katak karena azab.. saya memutuskan mulai mengurangi, atau malah berhenti bergunjing. Selain karena tidak ingin bibir saya rusak, saya juga pengen anak-anak saya menjadi anak yang sukseskelak..


Aaaamiiiinnn...

Let's fight againts the gossip.. :D

Eagle Documenter Movie..



Miris banget liat negara ini.. Maksud hati si pengen muji2 n bangga sm negara..taunya kok jadi agak gemes ya?? Ngalah2in gemesnya saya klo liat Indonesia kalah sama Qatar.

Berikut adalah percakapan antara (sebut saja) Budi dan Petugas Pembuat KTP
B (Budi): "Pak..mau bikin KTP Pak.."
P (Petugas):"Dokumennya mana Dek?" (petugasnya ga mau keliatan tua..dipanggil bapak..balesnya Dek?? :p)
B: "Ini Pak.."
P: "Mana surat rekomendasi RTnya?"
B: "Lho..harus ya Pak?? waduh..gmna nih..di daerah saya gak ada RT"
P: "Meskipun gak ada RT..kan ada wakilnya" (Jreengg.. DUMBFOUNDED)
B: "Maksud saya di lingkungan saya gak ada RT/ RW.. Saya tinggal di daerah abu2 Pak"
P: "Gak mungkin..pasti ada..km urus dulu..nanti baru datang lagi"

Pulanglah si Budi dengan perasaan sedih dan muka kusut bagaikan kolor belum disetrika..

Kasian si Budi..keinginannya untuk diakui negara ini pupus sudah.. Masa dia harus bikin RT?? Masa iya dia harus cari RW juga? gimana??

itu hanya sebagian dari penderitaan dari masyarakat yang tinggal di grey area.. Hal seperti ini terjadi juga untuk pengurusan KK, AKTE, ASKES, dan sebagainya.. Grey Area adalah daerah abu2.. *ya iyalah tan..orok yg br belajar bhasa inggris jg tau..*

hehehe..saya juga kurang mahfum masalah ini..yg saya tau Kec. Beting di Jakarta ini..dulu punya suatu wilayah..tapi kemudian..daerah milik negara ini di-swasta-kan..jadi kayak punyanya swasta gitu deh..orang2 di dalamnya jadi tidak bisa memiliki hak-hak warga negara bagaimana layaknya warga negara...

tidak boleh ada RT RW..karena daerah itu punya swasta.. daerahnya begitu kumuh..kurang perhatian..tidak ada tanda-tanda layak disana.. beruntunglah orang baik bernama Ricardo memberi perhatian lebih pada daerah ini. dia membantu masyarakat Beting agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik..agar bisa membuat KTP..dan sebagainya. Ricardo ini yang harusnya duduk di kursi menteri.. Mumpung ada reshuffle..harusnya Ricardo aja yang duduk di kursi Menteri. dia lebih mengerti masyarakat dan lebih memahami masyarakat.. Orang2 seperti Ricardo inilah yang harus mulai dilestarikan.. Gak cuman komodo yg harus di-vote via sms.. menteri2 itu juga harusnya dikembalikan kepada warga negara untuk memilih..

Saat kita melihat lebih jauh negara ini..menelisik lebih dalam.. sedih..deh liatnya.. orang2 yang berkuasa pada ribut cari kursi..rakyat kecil pada sibuk cari keadilan.. bayangin..cuma buat bikin KTP.. seorang tukang semir sepatu rela bayar 500 ribu untuk nembak dapetin KTP (gak hanya calon pacar aja ternyata yg ditembak).. uang itu dikumpulkan dari hasil nyemir.. dan dengan bahagianya dia bilang "Seneng sekarang Pak..saya sudah punya KTP..Udah jadi warga negara Indonesia".. Beruntung sekali Indonesia masih punya penggemar setia yang bahkan tak sekalipun pernah dilirik.. HMm..kata Ricardo


"KALO NEGARANYA SUDAH SAKIT..KITA INI GAK BOLEH IKUT SAKIT..KITA YANG HARUS MEMULIHKAN.. SAMA-SAMA BERJUANG BIAR ORANG2 BERKUASA ITU MELEK MATANYA"

Yepp Pak Ricardo.. Kami akan berusaha mendengarkan anda..
Ayo guys.. bangkit dan lakukan sebanyak yang kita bisa untuk membantu orang lain.. Pak RIcardo butuh pasukan..

Ay...Ay.. Captain.. :)


*Nb: harusnya acara film dokumenter seperti ini diperbanyak di TV..bukan sinetron yg anaknya pada ketuker.. tuh kan??negara ini udah semrawut..liat deh..anak sebanyak itu kok bisa pada ketuker..perawatnya pada tidur kali waktu di rumah sakit.. :p

Akhirnyaa....


Call me crazy..stupid..nerd or silly.. terserah apa ekspresi anda deh..saat tau kalo saya br pertama kali ke Jakarta.. saya sudah kebal dengan berbagai macam ekspresi yang saya temui. kalo aja gak ada hal mendesak..mungkin saya gak akan pernah menginjakkan kaki di IBUKOTA NEGARA REPUBLIK INDONESIA..hehehe..

maka dari itu..orang tua saya khawatir setengah mati saat tau saya akan ke Jakarta pertama kalinya seorang diri dan naik kereta. Tapi ilmu merayu..meyakinkan..dan memohon..harus dilancarkan dengan ekspresi TOTALITAS. AKhirnya..surat ijin pun ditanda tangani..

selama perjalanan..saya harapkan pemandangan yg saya lihat setidaknya 20%-30% dari pemandangan yang bisa kita lihat saat kita naik kereta di swiss lah.. *kayak pernah aja*
tapi..harapan tinggallah harapan.. kawasan tepi rel kereta itu banyak yang ga layak..hmm...kumuh..rumah2 dari kardus..sampah2 yang berserakan..menurut saya itu sangat berbahaya.. buat orang yang tinggal di sekitarnya..maupun untuk kereta dan penumpangnya.. tapi..yahh..inilah Indonesia.. saya cuma bisa bilang "well..This is it"

blum lagi ketakjuban saya selama perjalanan berakhir..saya sudah dikejutkan dengan berbagai hal di kota besar ini. Hampir semua orang pake masker. Even mereka gak lagi naik motor.. Berarti emang udara disana kotor sekali.. Orang-orang pun semacam acuh tak acuh dengan orang lainnya.. Om saya pun banyak memberikan cerita yang membuat saya bergidik ngeri..tentang bagaimana kejahatan di tempat ini merajalela..jgn mudah percaya sama orang..dan sebagainya. Tapi..sudahlah..tiap2 daerah pasti punya sisi negatif kan??

Sisi positif daerah ini justru tidak kalah dengan sisi negatifnya. :)
diakui atau tidak.. Jakarta merupakan salah satu kota yang memberikan mata pencaharian kepada banyak penduduk Indonesia. Mau tak mau..memang banyak perusahaan besar nangkring di kota ini.. Ibaratnya.."Kalo mau kerja di pusat..ya harus di Jakarta". *kapan ya bisa di Sidoarjo?? :P*

anyway..hal lain yg bagus dari kota ini adalah transportasi umum. Sebenarnya commuter line..bus transjakarta.. sudah sangat nyaman.. tapi kenapa sih..orang2 gak bisa memanfaatkan dengan baik dan tertib? kejahatan..belum lagi kurangnya toleransi saat menaiki bus atau turun dari bus. Hmm...sayang banget..

dari perjalanan singkat ke Jakarta..saya sedikit belajar. Sikap toleransi..saling menghargai.. dan berbuat baik ke orang tuh emang harus dilestarikan.. sama kayak komodo yang mati2an dilindungi dan dikembangbiakkan. karena..berbuat baik ke orang tuh gak akan mengurangi apapun yang ada dalam hidup dan diri kita..

FIGHTING!!!

sekian dulu ya cerita singkat dari Jakarta.. kapan2 disambung lagi deh.. Love you all viewers and readers.. *klo ada... :p*